KURIKULUM AKPER JAYAKARTA PROVINSI DKI JAKARTA TAHUN 2013
Pendidikan Diploma III Keperawatan adalah pendidikan tinggi keperawatan yang menghasilkan lulusan perawat vokasional, memiliki sikap dan kemampuan dalam bidang keperawatan yang diperoleh melalui penerapan kurikulum pendidikan dengan berbagai bentuk pengalaman belajar, meliputi pengalaman belajar dikelas, laboratorium, klinik dan lapangan dilengkapi dengan fasilitas belajar yang menunjang tercapainya tujuan pembelajaran.
Terbitnya Perpres No.8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia, UU PT No.12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi Pasal 29 ayat 1, 2 dan 3 dan PP No. 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi, berdampak pada kurikulum dan pengelolaannya disetiap program. Kurikulum yang pada awalnya mengacu pada pencapaian kompetensi menjadi mengacu pada capaian pembelajaran (Learning Outcome).
Hasil Tracer Study yang dilakukan Asosiasi Institusi Pendidikan DIII keperawatan Indonesia (AIPDIKI) Regional III tahun 2014 dengan mengundang para pemangku kepentingan yaitu: Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Ketua PPNI, Ka. Bidang keperawatan beberapa RS yang berdomisili di DKI Jakarta, Ka Puskesmas wilayah DKI Jakarta, dan para alumni dari beberapa institusi Akademi Keperawatan di DKI Jakarta, disimpulkan bahwa perlunya penambahan mata kuliah yang mendukung kompetensi lulusan dalam hal melakukan promosi kesehatan, memahami sistem rujukan, mampu berperanserta dalam pengendalian bencana dan melakukan home care.
Dasar Hukum
Dasar hukum dan peraturan perundangan yang melandasi penyusunan kurikulum Pendidikan Diploma III Keperawatan Akademi Keperawatan Jayakarta adalah:
Profil Lulusan Akper Jayakarta
Profil Lulusan Diploma III Keperawatan Indonesia adalah sebagai perawat pelaksana asuhan keperawatan pada individu, keluarga, dan kelompok khusus di tatanan klinik dan komunitas yang memiliki kemampuan dalam memenuhi kebutuhan dasar manusia yang meliputi aspek bio, psiko, sosio, kultural, dan spiritual dalam kondisi sehat, sakit serta kegawatdaruratan berdasarkan ilmu dan teknologi keperawatan dengan memegang teguh kode etik perawat.
Profil Lulusan DIII Keperawatan Akademi Keperawatan Jayakarta mempunyai tiga (3) penguasaan dasar sebagai perawat vokasional yaitu: Berpengetahuan memadai dalam bidang keperawatan, terampil dalam melakukan prosedur keperawatan dan menjunjung tinggi moralitas dengan mengedepankan budaya peduli, tanggap, terampil dan berkarakter.
Struktur Kurikulum Akper Jayakarta
NO |
MATA KULIAH |
BOBOT |
Teori |
Praktek |
L/K |
A |
Mata Kuliah Wajib Umum |
|
|
|
|
1 |
Agama |
2 |
2 |
- |
- |
2 |
Pancasila |
2 |
2 |
- |
- |
3 |
Kewarganegaraan |
2 |
2 |
- |
- |
4 |
Bahasa Indonesia |
2 |
1 |
1 |
- |
5 |
Kewirausahaan |
2 |
2 |
- |
- |
B |
Mata Kuliah Ilmu Alam Dasar dan Biomedik Dasar |
|
|
|
|
1 |
Ilmu Biomedik Dasar |
5 |
3 |
2 |
- |
2 |
Gizi dan Diet |
2 |
2 |
- |
- |
3 |
Patofisiologi |
3 |
3 |
- |
- |
4 |
Farmakologi |
3 |
2 |
1 |
- |
C |
Mata Kuliah Humaniora |
|
|
|
|
1 |
Psikologi |
2 |
2 |
- |
- |
2 |
Antropologi Kesehatan |
2 |
2 |
- |
- |
3 |
Etika Keperawatan |
3 |
2 |
1 |
- |
4 |
Pendidikan Budaya Anti Korupsi (PBAK) |
2 |
2 |
- |
- |
5 |
Pelayanan Prima |
3 |
2 |
1 |
- |
6 |
Bahasa Inggris dalam keperawatan |
3 |
2 |
1 |
- |
7 |
Bahasa asing (Jepang / Arab) |
3 |
2 |
1 |
- |
8 |
Karya Tulis Ilmiah |
3 |
- |
- |
3 |
D. |
Ilmu Dasar Keperawatan |
|
|
|
|
1 |
Konsep Dasar Keperawatan |
2 |
2 |
- |
- |
2 |
Keperawatan Dasar |
5 |
3 |
2 |
- |
3 |
Metodologi Keperawatan |
2 |
1 |
1 |
- |
4 |
Dokumentasi Keperawatan |
2 |
2 |
- |
- |
5 |
Komunikasi dalam Keperawatan |
3 |
2 |
1 |
- |
6 |
Managemen Keperawatan |
2 |
2 |
- |
- |
7 |
Managemen Patient Safety |
3 |
2 |
1 |
- |
8 |
Promosi Kesehatan |
2 |
1 |
1 |
- |
E |
Ilmu Keperawatan Klinik |
|
|
|
|
1 |
Praktik Klinik Keperawatan Dasar (PKKD) |
4 |
- |
- |
4 |
2 |
Keperawatan Medikal Bedah I |
4 |
2 |
2 |
- |
3 |
Praktik Klinik Keperawatan Medikal Bedah I |
2 |
- |
- |
2 |
4 |
Keperawatan Medikal Bedah II |
4 |
2 |
2 |
- |
5 |
Praktik Klinik Keperawatan Medikal Bedah II |
2 |
- |
- |
2 |
6 |
Keperawatan Anak |
4 |
1 |
1 |
2 |
7 |
Keperawatan Maternitas |
4 |
1 |
1 |
2 |
8 |
Keperawatan Jiwa |
4 |
1 |
1 |
2 |
9 |
Keperawatan Gawat Darurat dan Manjemen Bencana |
5 |
2 |
1 |
2 |
10 |
Praktik Klinik Keperawatan Komprehensif |
4 |
- |
- |
4 |
F |
Ilmu Keperawatan Komunitas |
|
|
|
|
1 |
Keperawatan Komunitas |
4 |
2 |
1 |
1 |
2 |
Keperawatan Keluarga |
4 |
2 |
1 |
1 |
3 |
Keperawatan Gerontik |
2 |
1 |
- |
1 |
Jumlah |
112 |
62 |
24 |
26 |
Keahlian dan Keterampilan Tambahan Bersertifikasi
Mahasiswa Akper Jayakarta selain memperoleh pendidikan sesuai dengan kurikulum pendidikan tahun 2013, juga memperoleh pelatihan keahlian dan keterampilan tambahan yang bersertifikasi, tanpa dikenakan biaya pelatihan (tambahan).
Pelatihan tersebut diantaranya yaitu: