Pegabdian Masyarakat Akper Jayakarta Tahun 2015

Pendahuluan

 

Pengabdian masyarakat merupakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi selain  pengajaran dan penelitian. Sesuai dengan Undang-undang Nomor 12 tahun 2012, tentang Pendidikan  Tinggi, Akademi Keperawatan Jayakarta telah menjalankan kegiatan pengabdian masyarakat sebagai implementasi dari Tri Dharma perguruan tinggi yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa Akper Jayakarta Dinas Kesehatan Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Pelaksanaan pengabdian masyarakat dilaksanakan sesuai dengan program prioritas di Puskesmas sebagai operator pelaksana program kesehatan di Provinsi Provinsi DKI Jakarta.

 

Substansi pelaksanaan pengabdian masyarakat dilaksanakan dan dikembangkan melalui kelompok keilmuan dari lima kelompok keilmuan yang meliputi keilmuan keperawatan maternitas, keilmuan keperawatan anak, keilmuan keperawatan medikal bedah, keilmuan keperawatan jiwa dan keilmuan keperawatan komunitas.

 

Fokus kegiatan ditekankan pada permasalahan kesehatan masyarakat dengan kelompok khusus wanita usia subur (WUS), anak usia pra sekolah serta usia lanjut yang rentan terhadap penyakit infeksi dan penyakit degenerative.  Kegiatan dilakukan dengan frekuensi berkisar antara 2-3 kali, agar dapat diukur efektitifitasnya. Kegiatan evaluasi dilakukan  dengan melibatkan kelompok sasaran kegiatan, RT/RW, unsur Pembina Wilayah yaitu Kantor Kelurahan dan Puskesmas.

 

Sasaran, Tempat dan Waktu

Sasaran kegiatan adalah wanita usia subur (WUS), anak pra sekolah/balita, usia lanjut, lansia dengan diabetes melitus dan kader kesehatan.

Tempat pelaksanaan kegiatan dilakukan di wilayah kerja Puskesmas Kecamatan Ciracas RW 06 dan Rw 07 Kelurahan Susukan Kecamatan Ciracas Jakarta Timur.

 

 Waktu kegiatan dilaksanakan mulai bulan Agustus s/d Oktober 2015

 

Pelaksanaan Kegiatan;

 

Keilmuan Keperawatan Maternitas

  1. Sasaran adalah Kelompok Wanita Usia Subur  dan kader kesehatan
  2. Kegiatan difokuskan pada peningkatan pengetahuan tentang kanker serviks, penyebab dan pencegahan dini kanker serviks melalui pap smear dan IVA Tes, serta senam hamil.
  3. Bentuk kegiatan melalui promosi kesehatan pada kelompok WUS, berkaitan dengan cankers serviks, konseling, penekanan pentingnya pencegahan kanker serviks melalui pap smears dan IVA tes, serta pentingnya dukungan pasangan WUS dalam kegiatan penceghan tersebut, selain itu juga dilakukan senam hamil bagi ibu-ibu hamil.

 

 

 

Kelompok keimuan keperawatan anak:

  1. Sasarannya adalah anak TK Paud serta, Ibu Guru TK/Paud dan Kader Kesehatan
  2. Bentuk kegiatan yang dilakukan adalah  promosi kesehatan tentang PHBS, teknik cuci tangan dengan benar dan terapi bermain  pada anak-anak PAUD/ TK
  3. Kegiatan dilaksanakan 2-3 kali untuk dua wilayah RW 06 dan RW 07 Kelurahan Susukan Jakarta timur

 

 

 

 

  

 

 

 

Kelompok keilmuan keperawatn Medikal Bedah ( KMB)

  1. Sasarannya adalah: lanjut usia (Lansia), penderita Diabetes Melitus dan kader kesehatan.
  2. Bentuk Kegiatan adalah Pencegahan kompilikasi Diabetes melalui deteksi dini dan kegiatan senam kaki (pembentukan kelompok senam kaki), serta pemeriksaan gula

 

 

 

 

Kelompok Keilmuan Keperawatan Jiwa

  1. Sasaran : Lansia, ibu-ibu kader kesehatan di RW 06 dan RW 07 Kelurahan Susukan Jakarta Timur
  2. Kegiatan yang dilakukan adalah peningkatan pengetahuan tentang stress dan pencegahannya dan terapi relaksasi untuk mengatasi stress.

 

 

Kelompok Keilmuan Keperawatan Komunitas :

  1. Sasaran kegiatan:  Lansia dan kader Kesehatan di RW 06 dan RW 07 Kelurahan Susukan Jakarta Timur
  2. Bentuk Kegiatan: Peningkatan pengetahuan penyakit yang sering terjadi pada Lansia,  melalui pemberdayaan Kader Kesehatan antara lain Hipertensi, rematik (asam urat), alzaiemer serta  masalah tumbuh kembang , serta kegiatan Senam Lansia.

 

 

 

 

Rekomendasi dan Tindak Lanjut:

  1. Perlunya dikembangkan dan ditingkatkan pelayanan “ketuk pintu layani dengan hati“ menjadi budaya layanan kesehatan di Provinsi DKI Jakarta.

 

  1. Kegiatan pengabdian masyarakat ini, agar dapat dilanjutkan dengan Penelitian Keperawatan / kesehatan , terutama yang terkait dengan masalah kesehatan masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Kecamatan  Ciracas Jakarta Timur.

 

  1. Jalinan kemitraan antara Institusi Akper Jayakarta dengan Puskesmas perlu ditingkatkan, sehingga Akper Jayakarta dapat berpartisipasi dalam bentuk pengabdian masyarakat dan penelitian, serta pembelajaran untuk mahasiswa Akper Jayakarta Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta.

 

  1. Perlunya pemetaan wilayah untuk mengetahui, wilayah mana yang menjadi skala prioritas dalam memandirikan masyarakat di bidang kesehatan dan keperawatan melalui kegiatan promotif.

 

 

 

 

 

Tags:
Upss Sorry!!

No data display