Konsep Daerah Binaan (Darbin) Melalui Pendekatan Pendidikan

Pada semester 6, mahasiswa tingkat III melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di masyarakat. Melalui konsep Daerah Binaan (Darbin) mahasiswa diperkenalkan dengan situasi dan kondisi masalah kesehatan yang sesungguhnya ada di masyarakat.

Melalui mata kuliah Praktek Keperawatan Komunitas, Keluarga dan Gerontik selama 6 minggu, mahasiswa dikenalkan dengan program Puskesmas dan diharuskan melakukan pengkajian terhadap masalah kesehatan pada masyarakat, mengidentifikasi, merencanakan, menssosialisasikan, mengimplementasikan, mengevaluasi dan mendokumentasikan asuhan keperawatan yang dilaksanakan.

Mahasiswa juga belajar untuk berkoordinasi dan berkolaborasi dengan segenap elemen masyarakat mulai dari Ketua RW, Ketua RT, para Kader Kesehatan, tokoh masyarakat lainnya serta Puskesmas Kecamatan dan Kelurahan serta Kantor Kelurahan dalam melaksanakan program kesehatan.

Dampak positif lainnya yang diharapkan adalah dapat mendukung program Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta khususnya Puskesmas Kecamatan dan Kelurahan dalam upaya meningkatkan status kesehatan masyarakat.

 

Dokumentasi PKL di RW 06 Kelurahan Susukan Tahun 2015

Pertemuan Pembukaan Darbin (PKL) dengan Ketua RW, para Ketua RT, Kader, Tokoh Masyarakat, Puskesmas

  

 

 

 

Pelaksanaan Asuhan Keperawatan Komunitas, Keluarga dan Gerontik

 

 

 

 

Kegiatan Penyuluhan yang Dilakukan Oleh Mahasiswa Akper Jayakarta

 

Tags:
Upss Sorry!!

No data display